Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Driver yang Harus Diinstal Setelah Install Ulang Laptop

Driver sangat penting karena tugasnya adalah mengendalikan hardware sehingga bekerja dengan normal. Jika tidak ada driver mungkin hardware itu masih bisa bekerja tetapi tidak optimal dan bisa juga tidak bekerja sama sekali. Driver biasanya langsung dipasang setelah kita membeli laptop. Untuk menginstall driver kita bisa mendapatkannya langsung di manufacturer websitenya.

Saat kita menginstall ulang laptop kita, tentunya harddisk harus diformat terlebih dahulu dan hal tersebut secara otomatis juga menguninstall driver yang kita pasang sebelumnya. Oleh karena itu kita harus mencari driver yang sesuai dengan tipe laptop kita dan memasangnya agar PC bekerja dengan optimal, kita juga bisa memakai DriverPack ataupun driverbooster untuk menginstallnya secara otomatis tanpa mencarinya. Berikut adalah driver yang penting dan harus diinstall setelah menginstall ulang laptop.

Driver Tampilan/VGA/Display

Memasang driver tampilan/vga memang wajib untuk dipasang terutama untuk para gamers saat ini. Driver tampilan tugasnya adalah untuk mengatur dan mengendalikan hardware vga. Jika driver ini tidak dipasang tentunya sudah jelas saat kita mencoba untuk bermain game akan terasa patah-patah dan mungkin tidak bisa memainkannya karena notifikasi tidak ada OpenGL, tidak ada driver tampilan/vga maka OpenGL pun tidak akan terinstall. Contoh dari driver tampilan/vga adalah Intel HD Grapichs, nVidia GeForce, dan masih banyak lainnya sesuai dengan merek vga anda.

Driver LAN,WiFi dan Bluetooth

Mungkin inilah driver yang harus anda pasang pertama kali sebelum memasang yang lainnya, kenapa?, karena jika kita tidak memasang driver LAN ataupun WiFi kita tidak dapat mengakses internet, dan secara otomatis kita tidak dapat mendownload driver-driver yang lainnya. Tetapi pada beberapa laptop ada yang masih bisa menyambung ke WiFi tanpa memasang driver WiFi, dan ada juga yang tidak bisa menyambung karena tidak memasang driver WiFi. Contoh driver lan,wifi, dan bluetooth biasanya, Atheros Quallcomm, Alcor, dan lain-lain.

Driver Audio

Driver audio tugasnya adalah untuk mengatur hardware audio untuk bekerja agar menghasilkan suara yang jernih dan keras. Tanpa driver ini mungkin kita tidak bisa mendengarkan musik ataupun audio lainnya yang disetel di komputer. Namun menurut pengalaman saya menginstall ulang laptop, di Windows 7 dan seterusnya jika masih belum dipasang driver audionya kita masih bisa mendengarkan audio yang dikeluarkan dari speaker tetapi tidak terlalu jernih dan keras seperti sebelum laptopnya diinstall ulang, sedangkan untuk Windows XP jika masih belum dipasang driver audionya kita tidak dapat mendengarkan audio. Contoh driver audio biasanya Realtek, VIA, dan lain-lain.

Driver Touchpad

Pada kebanyakan laptop biasanya ada mouse datar di dekat keyboardnya, itu disebut dengan touchpad. Touchpad berguna sebagai pengganti mouse, cara menggunakannya kita tinggal menyentuh touchpad dan mouse pointer pada layar akan bergerak. Touchpad pada umumnya juga memiliki driver, driver itu memungkinkan kita menggunakan touchpad dengan optimal dan membuka fungsi-fungsi spesial pada touchpad tersebut. Jika kita belum menginstall drivernya biasanya touchpad masih bisa digunakan dan ada juga yang tidak bisa digunakan. Contoh driver touchpad kebanyakan biasanya Synaptics, ASUS Smart Gesture dan lain-lain.

Driver Chipset

Driver chipset mungkin lebih penting daripada semua driver, karena memiliki fungsi untuk mengatur kerja motherboard. Jika kita belum menginstall driver chipset ini laptop kita akan tidak bekerja dengan maksimal dan akan menjadi lambat, audio terganggu, dan kinerja USB menurun. Driver Chipset biasanya tidak bisa didownload di manufacturer websitenya, sehingga kita harus melihat tipe motherboard kita, atau untuk lebih gampangnya kita bisa menggunakan software untuk mendeteksi tipe chipset dan mendownload driver chipsetnya secara otomatis. Contoh dari driver chipset beragam ada Intel, AMD, NVIDIA, VIA, SiS, dan lain-lain.

Driver Utility lainnya

Driver utility adalah driver yang dapat membantu kita, driver ini sebenarnya tidak wajib untuk diinstall, sesuaikan dengan kebutuhan anda sehari-hari. Misalnya driver utility seperti Kamera pada laptop, penghemat baterai dan driver utility lainnya yang diberikan oleh manufacturer (pabrik pembuat laptop).
UP