Tutorial dan solusi komputer

Post Terbaru:
  Memuat...
Bisa coding? Ikuti kompetisi "Google Code-In", klik di sini!

Apa Itu Run As Administrator Pada Windows

Run as administrator, dialog ini sering kita jumpai pada saat kita sedang melakukan proses yang berhubungan dengan sistem, seperti membuka dan menginstall suatu software. Walaupun sering dijumpai, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang fungsi run as administrator ini.

Apa Itu Run As Administrator Pada Windows

Fungsi run as administrator sendiri sudah dirilis sejak lama, jika di Windows XP, run as administrator hanya ditulis dengan run as dan tidak terlalu sering dipakai. Sejak masuk ke era Windows 7, run as administrator muncul dengan otomatis jika menjalankan sebuah aplikasi, dan hal tersebut mengundang banyak pertanyaan tentang run as administrator.

Prinsip run as administrator

Jadi begini, saat kita masuk (log on) ke Windows, Windows akan membuat access token. Token ini digunakan untuk mengidentifikasi user, membedakan privilige, dll. Privilige ada beberapa macam seperti administrator, user, guest. Administrator adalah privilige tertinggi dan biasa digunakan oleh orang yang memakai PC.

Beberapa aplikasi membutuhkan access token milik administrator untuk melakukan fungsi atau tugasnya. Dialog User Account Control (UAC) akan muncul untuk meminta persetujuan untuk mengizinkan aplikasi untuk memakai access token administrator secara full dalam keadaan sebagai berikut:
  • Pembuat aplikasi sudah mengatur aplikasinya untuk meminta access token administrator.
  • UAC mendeteksi aplikasi tersebut adalah aplikasi installer atau aplikasi setup.
  • Seorang administrator sudah mengatur compatibility pada properties aplikasi tersebut.
  • User mengklik kanan lalu memilih Run as administrator untuk menjalankan aplikasi.
Ketika kita mengklik Yes di dialog UAC, maka aplikasi tersebut sudah mendapatkan access token administrator secara full.

Apa Itu Run As Administrator Pada Windows

Seperti namanya run as administrator hanya bisa dilakukan oleh user yang mendapatkan privilige administrator. Jika privilige user bukan administrator, maka kita akan diminta untuk memasukkan password administrator (jika dipassword).

Pentingnya run as administrator

Sebelumnya di Windows XP, jika kita adalah administrator dan kita membuka sebuah aplikasi, maka aplikasi tersebut akan langsung terbuka dengan akses administrator. Masalahnya jika kita membuka aplikasi yang berbahaya seperti virus, maka virus tersebut akan langsung mendapatkan akses penuh terhadap PC kita.

Jadi Microsoft membuat UAC (User Account Control) untuk Windows Vista dan 7. UAC menyempurnakan sistem keamanan daripada yang sebelumnya, sekarang jika kita ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan privilige administrator, UAC akan memperingati kita bahwa program sedang mencoba untuk memintanya lalu kita bisa menolak atau mengizinkan permintaan tersebut.

Apa Itu Run As Administrator Pada Windows

Bahkan cmd pun sekarang akan menampilkan access denied atau permission denied jika kita tidak menggunakan run as administrator pada saat menjalankannya. Dengan sistem UAC ini diharapkan komputer penggunanya menjadi lebih aman dari program lunak berbahaya. Jadi jangan sembarangan mengklik yes pada saat ada dialog run as administrator, lihat dulu software tersebut terpercaya atau tidak.
Tag : Komputer
UP